PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN UANG SISWA KELAS III SDN KENEP KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
MOHAMAD KHOIRUL FUAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0254
Abstract
ABSTRAK
Mohamad Khoirul Fuad: Pengaruh model creative problem solving (CPS) didukung media benda konkrit terhadap kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang siswa kelas III SDN Kenep Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran Matematika pada siswa Sekolah Dasar untuk memperkenalkan ilmu Matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun terdapat beberapa hal yang menjadi kendala yaitu keterbatasan waktu dalam menyampaikan pelajaran Matematika. Keterbatasan waktu menyebabkan pengajaran beberapa konsep Matematika mengacu pada transfer pengetahuan untuk mengejar target tujuan pembelajaran. Bila transfer konsep Matematika berlangsung terus menerus maka pemahaman siswa terhadap konsep Matematika terbatas pada ranah kognitif sehingga bertentangan dengan hakekat Matematika sebagai proses dan produk.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang sebelum menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) didukung Media Benda Konkrit? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang setelah menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) didukung Media Benda Konkrit? (3) Adakah pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) didukung Media Benda Konkrit terhadap kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan uang siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kenep. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Creative Problem Solving didukung media benda konkrit lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar setelah menggunakan model Creative Problem Solving didukung media benda konkrit. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Creative Problem Solving didukung media benda konkritlebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum menggunakan model Creative Problem Solving didukung media benda konkrit. Karena penggunaan model Creative Problem Solving didukung media benda konkrit secara tepat akan dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. (3) Model Creative Problem Solving didukung media benda konkrit mempunyai pengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang siswa.
Kata Kunci : creative problem solving (CPS), benda konkrit, pemecahan masalah, uang.