Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together dengan Media Video Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya SDN Tiru Kidul 1 Kecamatan Gurah
Author (Penulis)
M. Rizal Hakim
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0229
Abstract
Penilian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dengan menggunakan teknik video dalam pembelajaran mampu mempermudah proses belajar. Video atau film dilihat sebagai media yang dinamis yang dapat merangsang umpan balik luar dan dalam yang kadang-kadang mempengaruhi psikologi seseorang.
Tujuan penelitian adalah apakah model pembelajaran Number Head Together dengan media video berpengaruh terhadap kemempuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Tiru Kidul 1 Kecamatan Gurah Tahun 2014?.
Penelitian ini dilakuan secara eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB SDN Tiru Kidul 1 Kecamatan Gurah yang masing – masing sebanyak 20 siswa. Kelas IVA berjumlah 20 di ajar dengan model pembelajaran Number Head Together dengan media video (kelompok eksperimen) sedangkan kelas IVB berjumlah 20 siswa diajar dengan model pembelajaran Number Head Together tanpa media video (kelompok Kontrol)
Hasil analisis data menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,64881 > 2,086. Hal ini memiliki arti bahwa model pembelajaran Number Head Together dengan media video mempunyai pengaruh untuk meningkatkan kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Tiru Kidul 1 Kecamatan Gurah Tahun 2014.