PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENJELASKAN PENTINGNYA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE ROLE PLAYING KELAS V SDN KRECEK 2 BADAS KEDIRI


Author (Penulis)

M. RISKI SULAIMAN F.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0228

Abstract

ABSTRAK M. Riski Sulaiman F.: Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Metode Role Playing Kelas V SDN Krecek 2 Badas Kediri, Skripsi PGSD, FKIP UNPGRI Kediri 2014. Kata kunci: hasil belajar, problem solving, role playing, NKRI. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak pada motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar PKn siswa sebelum menerapkan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing? (2) Bagaimanakah hasil belajar PKn siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing? (3) Adakah peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelas V SDN Krecek 2 Badas Kab. Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif model pembelajaran problem solving dengan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) melalui siklus tindakan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (3) melalui siklus tindakan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran problem solving dengan metode role playing adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang permanen dalam arti tidak mudah terlupakan oeh siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar nyata. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajran problem solving dengan metode role playing sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI