PENGARUH PEMBELAJARAN TERPADU MODEL NESTED TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PENGARUH CUACA BAGI KEGIATAN MANUSIA PADA SISWA KELAS III SDN TAMANAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

LELY NURMITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0214

Abstract

Abstrak Lely Nurmitasari: Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Nested Tehadap Kemampuan Mendeskripsikan Pengaruh Cuaca bagi Kegiatan Siswa Pada Siswa Kelas Kelas III SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014 Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata kunci: Pembelajaran Terpadu Model Nested, kemampuan mendeskripsikan Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah (konvensional) dari guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran kurang mendalam, sehingga hasil belajar mereka cenderung masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Model Pembelajaran Konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2013-2014? (2) Apakah Pembelajaran Terpadu Model Nested berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2013-2014? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara Pembelajaran Terpadu Model Nested dibanding Model Pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas III SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2013-2014? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakanadalah “True Experimental Design” denganbentuk “Posstest-Only Control Design.” Penelitian dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis dengan menggunakan t-test. Pada penelitian ini model yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manuia yaitu menggunakan tes. Dari analisis data yang telah dilakukan, untuk kelas IIIA SDN Tamanan (kelas kontrol) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata nilai rata-rata kelas 70,35. Sedangkan kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas IIIB SDN Tamanan (Kelas Eksperimen) dengan menggunakan pembelajaran terpadu model nested cukup baik, dengan nilai rata-rata kelas 80,95. (3) ada pengaruh penggunaan pembelajaran terpadu model nested terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia pada siswa kelas IIIB SDN Tamanan Kota Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia dengan hasil perhitungan (10,472) > t-tabel 1% (2,704) dan ketuntasan mencapai 46,16% (2) penggunaan pembelajaran terpadu model nested berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia (12,604) > t-tabel 1% (2,704) dan ketuntasan mencapai 82,14%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara Model Pembelajaran Konvensional dibanding Pembelajaran Terpadu Model Nested terhadap kemampuan mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia dengan hasil perhitungan t-test t-hitung (3,837) > t-tabel 1% (2,660).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI