PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MENYEBUTKAN CONTOH ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT KELAS V SDN KALIPANG 4 KEC. GROGOL KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LAHIRA RINA JUWITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0211

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu materi wajib yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Namun minat belajar siswa pada bidang pendidikan kewarganegaraan yang masih rendah perlu mendapat perhatian khusus, karena minat merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses belajar. Di samping itu minat yang timbul dari kebutuhan siswa merupakan faktor penting dalam melaksanakan kegiatan dan usahanya. Pada prakteknya, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih banyak mengalami banyak kendala. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah cara penerapan model pembelajaran explicit instruction? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat, dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran explicit instruction? (3)Apakah benar dengan penerapan model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalipang 4 Kab. Kediri? Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengambil rancangan eksperimental sebagai rancangan penelitian. Peneliti melakukan penerapan model pembelajaran explicit instruction untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar siswa dalam menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalipang 4 Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar belajar siswa kelas V SDN Kalipang 4 Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015dalam menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakatdengan menggunakan model pembelajaran explicit instructionsangat baik. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu mencapai . (2) Hasil belajar belajar siswa kelas V SDN Kalipang 4 Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015dalam menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakattanpa menggunakan model pembelajaran explicit instruction masih dibawah KKM. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas tanpa menggunakan model pembelajaran explicit instruction yaitu mencapai . Nilai rata-rata tersebut lebih rendah daripada nilai rata-rata kelas dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction. (3) Model pembelajaran explicit instructionmempunyai pengaruh terhadap hasil belajar menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat kelas V SDN Kalipang 4 Kec. Grogol Kab. Kediri Tahun Ajaran 2014/2015

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI