PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI PADA SISWA KELAS V 4 MALASAN KOTA TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2013 - 2014
Author (Penulis)
ELITSA SESMI VITRASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0108
Abstract
ABSTRAK
Elitsa Sesmi Vitrastuti : Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadapkemampuan
Mengidentifikasi Perilaku Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pada Siswa Kelas 5 SDN 4
Malasan Kecamatan Durenan Kota Trenggalek Tahun Ajran 2013-2014.
Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata Kunci : Metode, debat aktif, kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga
keutuhan NKRI
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa
siswa kelas 5 SDN 4 Malasan pada materi mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan
NKRI mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidak
menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk materi mengidentifikasi perilaku dalam
menjaga keutuhan NKRI. Akibatnya siswa kesulitan untuk menguiasai materi ajar sehingga
kemampuan mengidentifikasi perilaku dalammenjaga keutuhan NKRI belum tercapai secara
maksimal. Salah satu upaya untuk menguasai masalh tersebut dibutuhkan metode
pembelajaran debat aktif agar tujuan pembelajarannya tercapai.
Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalh sebagai berikut (1)
Apakah metode konvensional berppengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku
dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5A SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan
Kabupaten Trenggalek? (2) apakah penggunaan metode debat aktif berpengaruh terhadap
kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5B SDN
Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara
metodepembelajaran konvensional dibanding metode pembelajaran debat aktif terhadap
kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswakelas 5 SDN 4
Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek?.
Penelitianj ini mengguanakan teknik penelitian Experimental true dengan desain
pretest-posttest control group. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek
penelitian siswa kelas 5A (kelompok control) dan 5B (kelompok eksperimen) SDN 4
Malasan Kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data berupa tes.
Sedangkan analisis data digunakan t-test (Program SPSS 16,00).
Hasil tes penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Penggunaan metode
pembelajaran konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan
mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5A SDN 4 Malasan
Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, dengan diketahui nilai thitung (10,801) > ttabel
(2,797) pada taraf signifikan 1% (2) Penggunaan metode pembelajaran debat aktif
berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam
menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5B SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten
Trenggalek,dengan diketahui nilai thitung (10,902) > ttabel (2,797) pada taraf signifikan 1% (3)
Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan anatar penggunaan metode pembelajaran
konvensional disbanding metode pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan
mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5 SDN 4 Malasan
kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek,dengan diketahui nilai thitung (12,178) > ttabel
(2,704) pada taraf signifikan 1%. Selanjutnya dapat diungkapkan keunggulan pada
penggunaan debat aktif dapat membangkitkan keberanian mental anak didik dalam berbicara
dan bertanggung jawab atas pengetahuan yang didapat melalui debat.