PENGARUH METODE DEBAT AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI PADA SISWA KELAS V 4 MALASAN KOTA TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2013 - 2014


Author (Penulis)

ELITSA SESMI VITRASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0108

Abstract

ABSTRAK Elitsa Sesmi Vitrastuti : Pengaruh Metode Debat Aktif Terhadapkemampuan Mengidentifikasi Perilaku Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pada Siswa Kelas 5 SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kota Trenggalek Tahun Ajran 2013-2014. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci : Metode, debat aktif, kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa siswa kelas 5 SDN 4 Malasan pada materi mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajarannya guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk materi mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI. Akibatnya siswa kesulitan untuk menguiasai materi ajar sehingga kemampuan mengidentifikasi perilaku dalammenjaga keutuhan NKRI belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya untuk menguasai masalh tersebut dibutuhkan metode pembelajaran debat aktif agar tujuan pembelajarannya tercapai. Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalh sebagai berikut (1) Apakah metode konvensional berppengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5A SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? (2) apakah penggunaan metode debat aktif berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5B SDN Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara metodepembelajaran konvensional dibanding metode pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswakelas 5 SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek?. Penelitianj ini mengguanakan teknik penelitian Experimental true dengan desain pretest-posttest control group. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 5A (kelompok control) dan 5B (kelompok eksperimen) SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan kabupaten Trenggalek. Teknik pengumpulan data berupa tes. Sedangkan analisis data digunakan t-test (Program SPSS 16,00). Hasil tes penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Penggunaan metode pembelajaran konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5A SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, dengan diketahui nilai thitung (10,801) > ttabel (2,797) pada taraf signifikan 1% (2) Penggunaan metode pembelajaran debat aktif berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5B SDN 4 Malasan Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek,dengan diketahui nilai thitung (10,902) > ttabel (2,797) pada taraf signifikan 1% (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan anatar penggunaan metode pembelajaran konvensional disbanding metode pembelajaran debat aktif terhadap kemampuan mengidentifikasi perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI siswa kelas 5 SDN 4 Malasan kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek,dengan diketahui nilai thitung (12,178) > ttabel (2,704) pada taraf signifikan 1%. Selanjutnya dapat diungkapkan keunggulan pada penggunaan debat aktif dapat membangkitkan keberanian mental anak didik dalam berbicara dan bertanggung jawab atas pengetahuan yang didapat melalui debat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI