PENGARUH METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN STRUKTUR KERANGKA TUBUH DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNGSARI KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DWI INDRAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0091

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi Mengidentifikasi Hubungan Struktur Kerangka Tubuh Dengan Fungsinya pada anak kelas IV siswa SDN Tanjungsari kesulitan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikarenakan siswa yang kurang aktif, kurang termotivasi dan ramai sendiri pada saat diterangkan, dalam pembelajaran guru hanya menggunakan model konvensional membuat anak-anak merasa bosan. Sehingga dibutuhkan metode dan media yang tepat untuk mengatasi masalah siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode Teams Games Tournament untuk mengatasi siswa yang kurang aktif dan terlalu pasif. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini memiliki 3 rumusan masalah: (1)Bagaimanakah pengaruh siswa tanpa menggunakan metode teams games tournaments didukung media benda konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi hubungan struktur kerangka tubuh dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimanakah pengaruh siswa dengan menggunakan metode teams games tournaments didukung media benda konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi hubungan struktur kerangka tubuh dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh metode teams games tournaments didukung media benda konkret terhadap hasil belajar mengidentifikasi hubungan struktur kerangka tubuh dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Tanjungsari kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SDN Tanjungsari yaitu SDN 2 Tanjungsari dan SDN 1 Tanjungsari. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal objektif yaitu soal pilihan ganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tanjungsari Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung sebagai kelas eksperimen menggunakan metode teams games tournaments didukung media benda konkret baik. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu mencapai 80,40. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tanjungsari Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung sebagai kelas control tanpa menggunakan metode teams games tournaments didukung media benda konkret rendah. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas control yaitu mencapai 68,40. (3) Metode teams games tournaments didukung media benda konkret mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur kerangka tubuh dengan fungsinya siswa kelas IV SDN Tanjungsari Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan dengan menggunakan metode teams games tournaments didukung media benda konkret , dapat terjalin adanya interaksi langsung antara peserta didik, dapat membangkitkan semangat belajar para siswa, karena suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan. Selain itu memungkinkan guru menguasai keadaan kelas. Kata Kunci :Teams Games Tournaments Didukung Media Benda Konkret Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Hubungan Struktur Kerangka Tubuh Dengan Fungsinya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-10-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI