PENGARUH MODEL POLYA DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PERHITUNGAN YANG BERKAITAN DENGAN UANG PADA SISWA KELAS III SDN PELEM 2 KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
BAGUS FALINTINO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.10.0048
Abstract
ABSTRAK
BAGUS FALINTINO: Pengaruh model Polya dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Perhitungan yang Berkaitan dengan Uang pada Siswa Kelas III SDN Pelem 2, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2014.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa kegiatan belajar matematika di SD penggunaan model dan media masih belum optimal. Akibatnya suasana di kelas cenderung monoton dan membosankan. Siswa di kelas nampak malas mengikuti proses belajar, ditambah dengan sulitnya materi yang disampaikan oleh guru, yang pada akhirnya menyebabkan hasil belajar yang rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang, tanpa menggunakan model Polya didukung media gambar, pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/ 2015 ? (2) Bagaimana kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan model Polya didukung media gambar pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/ 2015? (3) Adakah pengaruh dari penggunaan model Polya didukung media gambar terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang, pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/ 2015?
Penelitian ini menggunakan model Polya didukung media gambar, dengan tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang, tanpa menggunakan model Polya didukung media gambar, pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang menggunakan model Polya didukung media gambar pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model Polya didukung media gambar terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang, pada siswa kelas III SDN Pelem 2 tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, media, lembar tes evaluasi siswa,lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru.
Hasil analisis data menggunakan uji t adalah t hitung 2,887 sedangkan t table 1% yaitu 1,701131. Jika dibandingkan t hitung > t tabel (2,887>1,701131). Sehingga dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh sangat signifikan penggunaan model Polya didukung media gambar terhadap kemampuan memecahkan masalah perhitungan yang berkaitan dengan uang.
Kata kunci : Model Polya, Media Gambar, perhitungan yang berkaitan dengan uang