PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN ROMAWI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SDN MRICAN 1 KOTA KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

AGUNG PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0010

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran menentukan memahami dan menuliskan lambang bilangan Romawi cenderung berorientasi pada guru. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga ketuntasan belajar secara klasikal juga belum dapat mencapai ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi siswa kelas IV SDN Mrican 1 tanpa model Make a Match didukung media kartu bilangan Romawi. (2) Mengetahui kemampuan mengenal bilangan Romawi pada siswa kelas IV SDN Mrican 1 menggunakan model pembelajaran Make a Match didukung media kartu bilangan Romawi. (3) Mengetahui tingkat signifikansi pengaruh model pembelajaran Make a Match dengan didukung media kartu bilangan Romawi terhadap penguasaan konsep mengenal bilangan Romawi sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan pada akhirnya dapat membantu siswa mencapai hasil pembelajaran tuntas. Pengambilan data penelitian dilaksanakan SDN Mrican 1 Kota Kediri. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif eksperimen dengan bentuk post test-only control groub design. Teknik pengmbilan data dilakukan lewat tes pilihan ganda. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bawa (1) penggunaan model pembelajaran Make a Match didukung Media Kartu Bilangan sangat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang Bilangan Romawi. Hal ini terbukti thitung 5,620, ttabel 2,069 dengan taraf signifikan 5%, maka 5,620 > 2,069 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil penguasaan konsep Bilangan Romawi dengan menggunakan metode konvensional yaitu dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 68.04 dan KKM 65,5 dengan nilai maksimum 90 dan minimum 50, 10 siswa yang belum bisa mencapai KKM dan 13 siswa sudah mencapai KKM. (3) hasil penguasaan konsep Bilangan Romawi dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match didukung Media Kartu Bilangan 23 siswa didapat rata-rata kelas 83.90 dan KKM 65,5 dengan nilai maksimum 100 dan minimum 70, tidak ada siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah KKM. Kata Kunci : model Make a Match, media kartu, mengenal lambang bilangan Romawi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI