PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROCES-ORIENTED GUIDED-INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN NGAMPEL MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AGA HENDRA SUGIARTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0008

Abstract

ABSTRAK Aga Hendra Sugiarta. Pengaruh Teknik Pembelajaran Proces-Oriented Guided-Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN Ngampel Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 Kata Kunci :Teknik konvensional, Teknik Proces-Oriented-Guided-Inquiry Learning (POGIL), Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar Operasi hitung bilangan bulat menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan teknik pembelajaran yang tepat digunakan yaitu Teknik Pembelajaran Proces-Oriented-Guided-Inquiry Learning (POGIL) . Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) Apakah ada pengaruh penggunaan Teknik konvensional terhadap kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas IV SDN Ngampel 3 Kota Kediri? (2) Apakah ada pengaruh penggunaan Teknik Pembelajaran Proces-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhdap kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas IV SDN Ngampel 1 Kota Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan Teknik konvensional dibanding penggunaan Teknik Pembelajaran Proces-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat pada siswa kelas IV SDN Ngampel kota kediri? Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Group. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ngampel 3 (kelompok kontrol) dan kelas IV SDN Ngampel 1 (kelompok Eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Penggunaan Teknik Konvesional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan operasi hitung bilangan bulat, dengan ketuntasan mencapai 63%. Hal ini terbukti dengan nilai thitung (51,67) > ttabel (2,845). (2) Penggunaan Teknik Pembelajaran Proces-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan operasi hitung bilangan bulat, dengan ketuntasan terhadap mencapai 83%. Hal ini terbukti dengan nilai thitung (63,92) > ttabel (2,845). (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan teknik konvensional dibanding Teknik Pembelajaran Proces-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan operasi hitung bilangan bulat dengan keunggulan pada penggunaan teknik POGIL. Hal ini terbukti dengan nilai thitung (8,98) > ttabel (2,750) dan X kelompok control 76,57 < X kelompok eksperimen 81,06.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI