Pengaruh Penggunaan Metode Classwide Peer Tutoring (CPT) Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Bunga dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN Pare III Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014.


Author (Penulis)

AAN DIAN ANDI CAHYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.10.0001

Abstract

ABSTRAK Aan Dian Andi Cahya. Pengaruh Penggunaan Metode Classwide Peer Tutoring (CPT) Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Bunga dan Fungsinya Pada Siswa Kelas IV SDN Pare III Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014.Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci : metode classwide peer tutoring , kemampuan mendeskripsikan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh Pembelajaran yang Berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan bunga dan fungsinya menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode yang tepat yakni dengan metode classwide peer tutoring Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1).Apakah berpengaruh metode pembelajaraan konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya pada siswa kelas 1V B SDN Pare III kelompok control)? (2) Apakah metode classwide peer tutoring berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya pada siswa kelas 1V A SDN Pare III (kelompok eksperimen)? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan metode konvensional dibanding metode classwide peer tutoring terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya Peneliti ini menggunakan teknik penelitian Eksperimental dengan posttest-Only Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 1V B SDN Pare III (kelompok kontrol) dan siswa kelas 1V A SDN Pare III (kelompok Eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Temuan hasil penelitian dapat di simpulkan sebagai berikut. (1) Penggunaan metode konvensional berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya, dengan ketuntasan mencapai kurang dari 75% terhadap KKM (tepatnya 70%) hal ini terbukti dengan Hasil analisis yang dilakukan pada kelas kontrol diketahui nilai thitung (43,967) > ttabel (2,861) pada taraf signifikan 1% yang berarti H0 ditolak dengan sangat signifikan. (2) Penggunaan metode classwide peer tutoring berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya , dengan ketuntasan pencapaian KKM mencapai di atas 75% (tepatnya 83%). Di kelas eksperimen diketahui pula bahwa nilai thitung (42,045) > ttabel (2,861) pada taraf signifikan 1% yang berarti H0 ditolak dengan sangat signifikan. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara metode konvensional dibanding metode classwide peer tutoring terhadap kemampuan mendeskripsikan bunga dan fungsinya, hal ini terbukti dari hasil analisis diketahui nilai thitung (5,385) > ttabel (2,021) pada taraf signifikan 1% yang H0 ditolak berarti signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI