PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PART AND WHOLE TERHADAP HASIL BELAJAR FREE THROW BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI MAN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LINA SEPTIANA PUJIASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.1860

Abstract

ABSTRAK Lina Septiana Pujiastutik. NPM. 10.1.01.09.1860. Pengaruh Model Pembelajaran Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Free Throw Bola Basket pada Siswa Kelas XI MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016 Kata kunci : Model pembelajaran, part and whole, hasil belajar free throw, bola basket Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Free Throw Bola Basket pada Siswa Kelas XI MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Free Throw Bola Basket pada Siswa Kelas XI MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran. Dimana hasil data yang digunakan adalah hasil pembelajaran dengan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan teknik tes dan pengukuran. Sedangkan desain yang digunakan adalah desain komparasi atau Comparatif Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dimana sampel diambil melalui pemilihan acak kelas. Instrumen penelitian menggunakan hasil belajar free throw bola basket. Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dengan menggunakan rumus t test. Dimana Model Pembelajaran Part and Whole sebagai variabel bebas (X) dan hasil free throw bola basket sebagai variabel terikat (Y). Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh = 1,79 kemudian dibandingkan dengan . Harga pada taraf signifikansi 5% dengan db = = 15 + 15 – 2 = 28 adalah sebesar 1,70. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan ada pengaruh Model pembelajaran part and whole terhadap hasil belajar free throw bola basket pada siswa kelas XI MAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat diterima. Melihat hasil perhitungan statistik dalam penelitian diatas saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah 1) agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal khususnya shooting free throw bola basket, hendaknya menggunakan model dan cara yang tepat dalam penyampaian materi, sehingga hasil belajarnya sesuai dengan yang diinginkan. 2) Model pembelajaran part and whole merupakan salah satu bentuk Model yang sesuai untuk menyampaikan kompetensi dasar permainan bola basket. 3) hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembanding bagi penelitian lain yang sejenis, sehingga hasilnya akan lebih sempurna.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI