SURVEI MOTIVASI TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA SISWA KELAS IX DI MTs. NEGERI LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

TAUFIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.1795

Abstract

ABSTRAK Taufik. Survei Motivasi terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Kelas IX di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Jurusan PENJASKESREK. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Permasalahan penelitian adalah : Bagaimana motivasi siswa kelas IX terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar ? Tujuan penelitian : Untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas IX terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar yang berjumlah 322 siswa. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dari sebagian populasi siswa kelas IX MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar yang berjumlah 2 kelas, yaitu kelas IX B dan XI E. Variabel penelitian ini adalah motivasi belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala motivasi dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi pada diri siswa kelas IX MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar tahun 2015/2016 mampu mempengaruhi motivasinya terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dalam kategori tinggi (71,67%), sangat tinggi (20,00%), sedang (8,33%), sedangkan kategori rendah dan sangat rendah (0%). Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan derajat kesehatan, perhatian, minat, dan bakatnya yang telah mampu mempengaruhi motivasinya terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga yang tinggi sebagai upaya pengembangan aspek fisik, psikomotor, kognitif dan psikis/afektif pada dirinya, 2) Bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada disekolah agar mampu memotivasi siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) Bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani dan olahraga saat ini. Kata kunci : Motivasi siswa kelas IX MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar terhadap pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-28

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI