UPAYA PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI MODIFIKASI BOLA BESAR PADA SISWA KELAS VI SD ISLAM QURROTA A’YUN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MOCH. IMAM SAFI'I
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.09.1602
Abstract
ABSTRAK
MOCH.IMAM SAFI’I : Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Tolak Peluru Gaya O’brien Melalui Modifikasi Bola Besar Pada Siswa Kelas VI SD ISLAM QURROTA A’YUN NGUNUT Tahun Ajaran 2015/2016 Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata Kunci : Hasil Pembelajaran Tolak Peluru, Gaya O’brien , Modifikasi Bola Besar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya O’brien melalui modifikasi alat pembelajaran pada siswa kelas VI SD Islam qurrota a’yun ngunut tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian -Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Islam Qurrota A’yun ngunut tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 35 orang yang terdiri atas 22 siswa putri dan 13 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi dan penilaian hasil belajar tolak peluru gaya O’brien . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif dengan prosentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran dengan modifikasi alat, dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya O’brien pada siswa kelas VI SD Islam Qurrota A’yun ngunut tahun ajaran 2015/2016. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. hasil belajar tolak peluru gaya O’brien pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 57,14% % jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 95,24%, sedangkan siswa yang tuntas 33 siswa.