PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS V DI SDN TAPAKREJO 3 KESAMBEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YULIA DWI RETNO PALUPI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.1595

Abstract

ABSTRAK Yulia Retno Palupi: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Materi Pedoman Umum Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V SDN Tapakrejo 3 Kesamben Blitar Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi,Penjaskesrek, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Kooperatif, tipe Jigsaw, hasil belajar, pedoman umum gizi seimbang. Penelitian ini dilatar belakangi tentang pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode belajar ceramah saat ini masih sering digunakan disekolah-sekolah. Tehnik ini banyak kekurangan, akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Dari masalah ini peneliti selaku guru ingin menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kepada siswa SDN Tapakrejo 3 Kesamben Blitar ? (2) Bagaimanakah hasil belajar materi pedoman umum gizi seimbang dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini? (3) Apakah materi yang menjadi pokok pembahasan adalah pedoman umum gizi seimbang pada kelas V SDN Tapakejo 3 Kesamben ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa Kelas V SDN Tapakrejo 3 Kesamben Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, angket motifasi siswa, dan tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Dalam materi pembahasan ini adalah pedoman umum gizi seimbang, melalui materi ini pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Pembelajaram kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman materi pedoman umum gizi seimbang, hal tersebut dapat dilihat dari prasiklus. (2) Siswa termotifasi dalam mempelajari pedoman umum gizi seimbang dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI