PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIS DAN TAKTIS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS XI SMK NEGERI 1 GROGOL TAHUN 2016
Author (Penulis)
AINUL YAQIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.09.1443
Abstract
"ABSTRAK
Ainul Yaqin : PENGARUH PEMBELAJARAN TEKNIS DAN TAKTIS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA PUTRA KELAS XI SMK NEGERI 1 GROGOL TAHUN 2016. Skripsi, Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2016.
Kata Kunci : Teknis dan Taktis Passing Bola Basket
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar passing bola basket siswa putra kelas XI SMK Negeri 1 Grogol tahun 2016 antara menggunakan pembelajaran teknis dan taktis.
Sejalan dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Eksperimen Kuasi (PEK) dengan desain Pretest-Postest Non- Equivalent Control Group. Subjek penelitian eksperimen kuasi ini adalah siswa putra kelas XI SMK Negeri 1 Grogol tahun 2016 berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dari segi proses melalui observasi secara langsung sedangkan secara produk dengan tes dan pengukuran kemampuan passing bola basket . Teknik analisis data yang digunakan dengan statistik deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan: (1) Secara proses bahwa pembelajaran taktis lebih efektif terhadap hasil belajar passing bola basket daripada pembelajaran teknis. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata proses pembelajaran taktis yaitu 9.109 lebih besar dari rata-rata pembelajaran teknis yaitu
6.980 dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 100 %, (2) Dari segi produk pembelajaran taktis lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran teknis terhadap hasil belajar passing bola basket pada siswa putra kelas XI SMK Negeri 1 Grogol tahun 2016. Rata-rata hasil belajar passing bola basket siswa yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran taktis adalah 120, sedangkan rata-rata hasil belajar passing siswa yang mendapat perlakuan pendekatan pembelajaran teknis adalah 108.
"