Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII SMPN 2 NGADILUWIH Kediri Tahun 2014


Author (Penulis)

Citra Nindy Ayu Wardani
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.0450

Abstract

ABSTRAK Citra Nindy Ayu Wardani. NPM. 10.1.01.09.0450, Skripsi:”Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih Kediri Tahun 2014”. Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Salah satu teknibawahar bola voli adalah service bawah,Sesuai pengamatan yang peneliti lakukan pada waktu pembelajaran penjasorkes di SMPN 2 Ngadiluwih Kediri, ada beberapa hal yang menyebabkan kesalahan dalam service bawah antara lain terjadinya pantulan ganda, kedua tangan tidak rapat atau menempel, bola service tidak dengan lengan bawah sehingga bola melenceng, lengan tidak lurus pada waktu mengayun atau gerakan tidak bersumbu pada pergelangan bahu atau siku di patahkan pada saat perkenaan dengan bola. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran part and whole dapat meningkatkan hasil belajar dalam melakukan service bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih Kediri tahun 2014 berjumlah 239 siswa. Dan di ambil sampel 31 siswa pada kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan menggunakan rubrik penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, Dari perhitungan di atas diperoleh t_hitung= 3,69 kemudian dengan t_tabel. Harga t_tabel pada signifikan 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 16 + 15 – 2 = 29 adalah sebesar 2,042. Sehingga t_hitung>t_tabel atau 3,69 > 2,042 karena t_hitung tidak jatuh di wilayah terima H0, maka keputusannya yang diambil adalah menolak H0, dan menerima H1. Kesimpulannya adalah Ada hubungan yang signifikan antarapengaruh metode pembelajaran part and whole untuk meningkatkan hasil belajar service bawah pada permainan bolavoli siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih Kediri tahun 2014. Kata Kunci : Metode part and whole, service bawah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI