PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri)
Author (Penulis)
MOKHAMAT IRFANUDDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.09.0262
Abstract
Fenomena yang terjadi selama ini dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah peran guru masih sangat dominan sehingga siswa hanya menerima pelajaran dan mereka tidak dapat belajar sesuai tahap perkembangannya. Hal ini dapat mengakibatkan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terkesan monoton dan hanya di anggap sebagai pendidikan rekreasi bagi peserta didik, dimana berolahraga mereka dapat memperoleh kesenangan, menghilangkan kejenuhan di sela-sela waktu belajar dengan beraneka materi pelajaran di sekolah. Disitulah muncul problem pengalaman menunjukan bahwa proses kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan belum terlaksana seperti apa yang menjadi tujuan kurikulum. Dengan penggunaan media pembelajaran audio visual diharapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar, dengan memahami tipe belajar siswa dan menyesuaikan gaya mengajar tersebut terhadap gaya belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri yaitu siswa kelas VIII-G Sebanyak 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII-E sebanyak 39 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif dan kooperatif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikiut: (1) hasil dari angket FCE dapat disimpulkan bahwa: guru yang bagus dapat memberikan sesuatu yang mengesankan pada siswa dan memberikan pengalaman gerak baru. (2) hasil dari lembar observasi kelas dikjasor dapat disimpulkan bahwa: hasil pengamatan sikap dari guru dan siswa selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa proses pembelajaran pada saat penelitian sudah berjalan dengan cukup baik. Hal itu terbukti dari ketiga tatap muka tersebut diperoleh presentase dengan kategori cukup. (3) hasil belajar passing atas dapat disimpulkan bahwa: penerapan pembelajaran mennggunakan media audio visual dalam permainan bola voli ternyata memberikan rata-rata peningkatan yang positif pada siswa kelompok eksperimen sebesar 15,9% dan siswa kelompok kontrol sebesar 2,4% terhadap hasil belajar passing atas. Hasil uji beda antar kelompok menunjukan bahwa nilai thitung 3,222 > nilai ttabel 2,0. Dengan kata lain bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada kelompok eksperimen memberikan pengaruh yang lebih baik dan signifikan dari pada kelompok kontrol terhadap peningkatan hasil belajar passing atas, siswa pada permainan bola voli.