HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA SMK MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

Mohammad Yasyir Ariza
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.09.0257

Abstract

ABSTRAK Mohammad Yasyir Arisza. NPM : 10.1.01.09.0257. Skripsi. “Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Pembelajaran Bolavoli pada Siswa Putra SMK Muhammadiyah Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Servis Bawah, Bolavoli Standar proses meliputi perencanaan proses pembelajar¬an, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pem¬belajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk ter-laksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam proses belajar-mengajar, berbagai teori dan metode telah digunakan untuk memastikan proses pembelajaran akan lebih efektif dan mudah diterima siswa. Masalah motivasi nampaknya hal yang penting dalam proses pembelajaran. Faktor siswa sebagai peserta didik menjadi unsur yang menentukan berhasil atau tidaknya pengajaran yang disampaikan oleh guru, salah satu factor keberhasilan murid adalah motivasi belajar. Motivasi siswa merupakan masalah keadaan psikologis yang dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa SMK Muhammadiyah Kediri dan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar servis bawah dalam pembelajaran bolavoli di SMK Muhammadiyah Kediri. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah Kediri dengan jumlah sampel 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes ketepatan servis bawah. Dari hasil penelitian diperoleh : 1. Hubungan motivasi dengan hasil belajar servis bawah. Dari data motivasi diperoleh nilai rata-rata 95,77 dan data servisbawahdiperolehnilai rata-rata 19,30 dengan nilairhitung (0.491) > nilairtable (0.355) dengan menggunakan taraf signifikan 5%. 2. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar servis bawah sebesar 24,11%. Dari hasil perhitungan statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan motivasi dengan hasil belajar servis bawah dalam pembelajaran bolavoli. Kata Kunci : : Motivasi, Hasil Belajar, Servis Bawah, Bolavoli

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI