PENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS III SDN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
Gigih Setiyono
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.09.0172
Abstract
ABSTRAK
Gigih Setiyono. NPM : 10.1.01.09.0172. “Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penerapan Metode Bermain Pada Siswa Kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi, Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI, Agustus 2015.
Kata kunci : Lompat jauh gaya jongkok, penerapan metode bermain
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektifitas penerapan pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa Kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Intack Group dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa. Data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran teknik dasar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan pendekatan bermain.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa hasil keterampilan lompat jauh gaya jongkok meningkat dari 36 % pada kondisi awal menjadi 60 % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 84 % pada akhir siklus II. Sedangkan kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan lompat jauh gaya jongkok meningkat dari 28 % pada kondisi awal menjadi 64 % pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 100 % pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok Kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.