PRAANGGAPAN DALAM FILM “5CM” KARYA DONNY DHIRGANTORO


Author (Penulis)

Jenifer Amilia Putri Aditama
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0091

Abstract

Jenifer Amilia Putri Aditama. Praanggapan pada Film 5CM karya Donny Dhirgantoro. Pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNP Kediri 2014. Sebuah karya film tentunya bertujuan untuk menyampaikan sesuatu melalui tuturan disetiap adegannya. Pemaknaan dalam sebuah film didapat dari tuturan oleh partisipan tutur yang dipahami penonton terkait dengan konteks situasi dan pengetahuan bersama yang melatar belakangi tuturan dalam film tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) menyebutkan bentuk-bentuk praanggapan dalam tuturan film 5CM karya Donny Dhirgantoro. 2) menyebutkan bentuk-bentuk praanggapan yang dikaitkan dengan konteks situasi, partisipan, dan pengetahuan bersama dalam tuturan film 5CM karya Donny Dhirgantoro. Praanggapan adalah sesuatu yang diasumsikan oleh penutur sebagai kejadian sebelum menghasilkan suatu tuturan. Pemahaman praanggapan melibatkan dua partisispan utama, yaitu dua penutur atau yang membuat suatu pernyataan atau tuturan dan lawan tutur. Praanggapan belum tentu benar jika belum dikaitkan dengan partisipan, konteks situasi, dan pengetahuan bersama. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Pendekatan pragmatik digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan permasalahan yang terdapat dalam data penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan dalam film 5CM karya Donny Dhirgantoro. Hasil Analisis temuan penelitian tentang tuturan adegan 5CM setelah diteliti melalui pendekatan pragmatik yaitu praanggapan, muncul lima jenis praanggapan yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktual, praanggapan nonfaktual, praanggapan leksikal, dan praanggapan berlawanan. Kelima praanggapan yang muncul tersebut tidak lepas dari hubungan antara tuturan dengan partisipannya, pengetahuan bersama yang melatari, dan konteks situasi dalam adegan saat tuturan itu terjadi. Unsur-unsur tersebut mengaitkan tuturan dan akting pemerannya sehingga praanggapan muncul dan dipahami sebagai pengantar pemahaman adegan-adegan dalam film 5 CM. Berdasarkan hasil kesimpulan pada penelitian ini dapat dijadikan bahan ma-sukan berguna dalam beberapa bidang antara lain: Bagi pendidikan: diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan yang berkaitan dengan praanggapan, sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bagi pembaca: hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah pengetahuan dan wawasan tentang apa yang dimaksud dengan praanggapan dalam teori pragmatik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI