PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA MELALUI METODE FONETIS BAGI SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I, II, dan III di SMPLB dan SMALB BHAKTI PEMUDA KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

IMROATUS SHOLIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0084

Abstract

IMROATUS SHOLIHAH : PeningkatanKemampuanMembaca Kata melaluiMetodeFonetisbagiSiswaTunagrahitaSedangKelas I, II, dan III DISMPLB dan SMALB Bhakti PemudaKecamatanPaparKabupaten Kediri Tahun AJARAN 2014-2015, Skripsi, Pendidikan BahasadanSastra Indonesia, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan membaca kata bagi siswa tuna grahita sedang Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pemebelajaran Bahasa Indonesia masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajar pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi membaca kata yang meliputi kata benda, kata kerja dan kata sifat bagi anak tunagrahita sedang kelas I, II, dan III SMPLB dan SMALB Bhakti Pemuda Kecamatan Papar Kabupaten Kediri? (2) Bagaimanakan deskripsi metode fonetis yang meliputi fonetis akustis, auditoris, dan organis bagi anak tunagrahita sedang kelas I, II, dan III SMPLB dan SMALB Bhakti Pemuda Kecamatan Papar Kabupaten Kediri? (3) Bagaimanakah deskripsi kemampuan membaca kata melalaui metode fonetis bagi anak tunagrahita sedang kelas I, II, dan III SMPLB dan SMALB Bhakti Pemuda Kecamatan Papar Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian siswa tunagrahita sedang kelas I, II, dan III SMPLB dan SMALB Bhakti Pemuda Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen dengan tabulasi data, lembar observasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah anak mampu mengalami peningkatan membaca kata benda, kerja dan sifat dengan tahap I subjek telah memiliki kemampuan membaca kata 2 kata dari 10 kata, dan tahap II anak mengalami peningkatan membaca kata yaitu 6 kata dari 10 kata. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan metode fonetis adalah untuk menunjang pembelajaran sehingga materi ajar yang belum dipahami anak sepenuhnya agar bisa tersampaikan secara maksimal dalam penyampaian materi pada pembelajaran menggunakan metode pembelajaran. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah metode fonetis sesuai dengan seluruh karakteristk materi dan karakteristik siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI