STILISTIKA DALAM NOVEL “RINDU MARYAM” KARYA ARINI HIDAJATI


Author (Penulis)

FITRI HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0070

Abstract

Fitri Hidayah : Stilistika Dalam Novel “Rindu Maryam” Karya Arini Hidajati, Skripsi, PBSI, FKIP, UNP Kediri, 2014. Peneliti menganalisis novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati di latar belakangi novel ini begitu mendalam ketika mengekspresikan bahasa dengan puitis. Gaya dan bahasa yang digunakan sesuai dengan tema yaitu dengan kata-kata Maryamah saat merasakan kerinduan dan cinta pada Tuhannya, plot, penokohan dan perwatakan yang ada dalam cerita novel Rindu Maryam. Sehingga, ceritanya betul-betul hidup yang tergambar dalam dialog tokoh, karakter tokoh, dan plot. Penelitian ini secara umum dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang stilistika melalui analisis dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah mendes-kripsikan aspek struktural meliputi tema, penokohan dan perwatakan, dan alur, . Stilistika meliputi: sarana retorika, diksi, denotatif, konotatif, syntax, suasana cerita religius, suasana cerita romantis, suasana cerita sedih, pencitraan penglihatan, pencitraan perabaan, pencitraan pendengaran, pencitraan penciuman, gaya bahasa penegasan, pleonasme, tautology, retoris, gaya bahasa perbandingan, metafora, personifikasi, simile, gaya bahasa pertentangan, antithesis, paradox, hiperbola, litotes dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu sebuah metode yang pengumpulan datanya terutama berupa kata-kata, kalimat atau gambar yang memiliki arti lebih bermakna dan mampu memacu timbulnya pemahaman yang lebih nyata daripada sekedar sajian angka atau frekuensi. Se-dangkan sebagai objek penelitian adalah dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kajian stilistika yaitu jenis penelitian kualitatif yang mendeskripsikan fakta-fakta keadaan dan kemudian diceritakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik baca teks sastra, analisis dan klarifikasikan peran tokoh, evaluasi hasil analisis dan kla-sifikasi, dan membuat simpulan hasil analisis. Teknik analisis data deskriptif kua-litatif artinya kegiatan analisis data yang dilakukan dengan kegiatan menafsirkan dan menemukan isi data dengan cara mencocokkan isi teks berdasarkan teori-teori yang telah ditentukan. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh deskripsi sebagai berikut: terdapat tema mayor dan tema minor dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati. Tema mayor dalam novel tersebut adalah Perjuangan seorang wanita untuk mendapatkan cinta Tuhannya. Sedangkan tema minor yaitu (a) Gadis yang taat pada Tuhannya, (b) Gadis pecinta yang merindukan Tuhan, (c) Pernikahan yang berlandaskan cinta kepada Tuhan, (d) Wanita sholehah bagi suami dan madarasah bagi anak-anaknya, (e) Wanita yang menempuh jalan cinta kepada Tuhan sampai diakhir hidupannya. Terdapat tokoh utama yaitu Maryamah, tokoh pendamping yaitu Ibu Maryamah, Habib, Husni, Mbah Mono, tokoh bawahan yaitu Murni, Emak Habib, Fariduddin, Ibu Husni, Hendy, tokoh figuran yaitu Enys, Mbak Qori, Mbak Ambar, Sholli, Marwan, Kang Obet, Ery, Abu, Pak Pos, Tukang Kernet, Ibu Warung, Rudi, dan tokoh bayangan yaitu Ayah Maryamah, Bang Jamal, Teman-teman kost Maryamah, teman-teman Habib, Hasan Basri, Sumarti, Rayhani, Anak-anak Maryamah, Anak Faridudin, Kiai Kasyaf, Sohib dan Safar, Rindullah. Dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati juga terdapat perwatakan bulat, adapun tokoh yang berwatak bulat yaitu Maryamah, Ibu Maryamah, Habib, Fariduddin, . Sedangkan perwatakan datar yaitu Mbah Mono. Terdapat alur yang meliputi beberapa tahap alur yaitu tahap situation atau penyituasian, tahap generating circumstances, tahap rising action, tahap climax, dan tahap denouement. Aspek Stilistika dalam novel Rindu Maryam Karya Arini Hidajati meliputi, sarana retorika adalah teknik pengobaran emosi, agar pembaca berpartisipasi dengan keinginan pengarang, dan gaya bahasa penegasan (pleonasme, tautologi, dan retoris), gaya bahasa perbandingan (metafora, personifikasi, dan simile), dan gaya bahasa pertentangan (antitesis, paradoks hiperbola, dan litotes). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada beberapa pihak yaitu (1) Bagi Peneliti Ini berguna sebagai salah satu syarat guna menempuh gelar S-1 dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat dalam bangku perkuliahan dan menerapkan teori-teori yang sudah di dapat, selain itu juga merupakan aplikasi ilmu yang telah di dapat dari proses pengembangan bagi peneliti. Hasil penelitian ini dapat menjadi jawaban dari masalah yang dirumuskan. Selain itu, dengan selesainya penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi peneliti untuk semakin aktif menyumbangkan hasil karya ilmiah bagi dunia sastra dan pendidikan. (2) Bagi Mahasiswa khususnya Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat memberikan wawasan pengetahuan dan masukan untuk kajian Stilistika. (3) Hasil penelitian ini digunakan sebagai salah satu acuan bahan pendukung dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, yakni apresiasi sastra dan pengajaran bahasa. (4) Di dalam dunia pendidikan hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pemahaman dalam pemelajaran karya sastra khususnya prosa (novel).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI