TINDAK TUTUR GURU DI TK AL MADINAH SUKOANYAR KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DWI NIHAYATUL KHUSNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0055

Abstract

Abstrak Dwi Nihayatul Khusna : Tindak Tutur Guru di TK Al Madinah Sukonyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Skripsi, PBSI, FKIP UNP Kediri 2015 Kata kunci : tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, tidak tutur perlokusi, TK Penelitian yang berjudul Tindak Tutur Guru di TK Al Madinah Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, dilatar belakangi pemberian pengalaman dan rangsangan yang kaya dan maksimal sehingga tercipta su-atu lingkungan belajar dan perkembangan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. pembelajaran di TK mendesain prinsip belajar sambil bermain. Atas dasar itu materi atau kegiatan bermain sambil belajar di TK harus disusun dengan tepat sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Bermain sambil belajar pada TK sangat cocok untuk dilaksanakan oleh semua guru sebab pendidikan di TK baru bersifat pengenalan, antara lain pengenalan angka dan huruf. Untuk itu sebagai seorang pendidik, guru harus pandai dalam berkomunikasi dan pandai mengolah bahasa supaya kegiatan pembelajaran terasa menyenangkan, anak-anak tidak merasa ter-tekan sehingga materi yang disampakan guru dapat terserap siswa dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) BagaimanakahdeskripsiTindakTuturLokusi Guru di TK Al MadinahSukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? (2) BagaimanakahdeskripsiTindakTuturIlokusi Guru di TK Al MadinahSukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? (3) BagaimanakahdeskripsiTindakTuturPerlokusi Guru di TK Al MadinahSukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Instrumen penelitian ini adalah diri peneliti dan untuk memudah-kan pengumpulan data dilengkapi alat perekam dan kartu data. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tuturan salah satu guru TK pada proses pembelajaran di TK Al Madinah Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Tuturan dipilih yang mengandung tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap “Tindak Tutur Guru di TK Al Madinah Sukonyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri” terdapat tiga jenis tindak tutur yang dilakukan guru TK Al Madinah yakni a) jenis tindak tutur lokusi, b) jenis tindak ttur ilokusi, c) jenis tindak tutur perlokusi. Dari masing-masing jenis tindak tutur diperoleh informasi bahwa tindak tutur ilokusi mderupakan tindak tutur terbanyak atau yang paling sering digunakan oleh guru TK Al Madinah Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, yakni dengan jumlah enam belas (16) data (42,1%), yakni terdiri dari tindak tutur perintah, ertanya, dan pernyataan. Tindak tutur lokusi berjumlah dua belas (12) data atau (17,1%), yakni terdiri dari kalimat perintah, tanya, dan pernyataan. Tindak tutur perlokusi berjumlah sepuluh (10) data atau (22,9%), yakni yang terdiri dari kalimat perintah, tanya, dan berita. Secara deskriptif hasil penelitian ini adalah tindak tutur lokusi dalam penelitian ini sangat sedikit digunakan, tuturan tersebut hanya berjumlah 12 (dua belas) data, karena membuat siswa kurang kritis dalam berfikir serta membuat siswa pasif hanya menerima tidak dapat mengeksplorasi pendapat siswa.Sedangkan tindak tutur ilokusi dalam penelitian ini merupakan tturan terbanyak dengan jumlah 16 (enam belas) data, karena ilokusi dianggap dapat mengeksplorasi kemampuan berfikir kritis siswa. Tindak tutur perlokusi dalam penelitian ini berjumlah 10 (sepuluh) data.Tuturan ini digunakan guru dengan maksud tuturan guru dapat menimbulkan efek atau hasil kepada siswanya dalam belajarnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-10-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI