TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI PAUD ANANDA DESA TIRU KIDUL KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2013/2014


Author (Penulis)

CHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0033

Abstract

Choiriyah: Tindak Tutur Ilokusi Guru pada Proses Pembelajaran Di PAUD Ananda Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/ 2014,Skripsi, PBSI, FKIP UNP Kediri 2014. Kata kunci: Tindak tutur ilokusi, Pendidikan Anank Usia Dini (PAUD) Penelitian yang berjudul Tindak Tutur Ilokusi Guru pada Proses Pembela-jaran Di PAUD Ananda Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Ta-hun Ajaran 2013/ 2014, dilatar belakangi usaha mendukung perbaikan dan pe-ningkatan mutu pendidikan melalui pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Di-ni. Pembelajaran pada Pendididkan Anak Usia Dini dilakukan dengan pendekatan bermain. Melalui bermain, anak dilatih mampu berbahasa dengan cara men-dengarkan beraneka bunyi-bunyi, mengucapkan kata, memperluas kosa kata, ber-bicara sesuai dengan tata bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Untuk itu guru sebagai seorang pendidik harus pandai berkomunikasi dan pandai memanfaatkan bahasa. Supaya kegiatan belajar-pembelajaran terasa menyenangkan dan anak-anak tidak merasa tertekan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi wujud tin-dak tutur ilokusi guru pada proses pembelajaran di PAUD Ananda Desa Tiru Ki-dul, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? (2) Bagaimanakah deskripsi strategi bertindak tutur ilokusi guru pada proses pembelajaran di PAUD Ananda Desa Ti-ru Kidul, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri? Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan pragma-tik. Instrumen penelitian ini adalah diri peneliti dan untuk memudahkan pengum-pulan data dilengkapi alat perekam dan kartu data. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tuturan guru PAUD pada proses pembelajaran di PAUD Ananda Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Tuturan dipilih yang me-ngandung tindak tutur ilokusi langsung maupun tidak langsung meliputi, konstan-tif, direktif, komisif, dan ekspresif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wu-jud tindak tutur ilokusi guru PAUD dan pada akhirnya menghasilkan gambaran data yang ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian terhadap “Tindak Tutur Ilokusi Guru pada Proses Pembelajaran di PAUD Ananda Desa Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabu-paten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014” terdapat empat (4) wujud tindak tutur ilo-kusi yang dilakukan Guru PAUD Ananda yakni, a) tindak tutur konstantif (cons-tantives), b) tindak tutur direktif (directives), c) tindak tutur komisif (commissive), dan d) tindak tutur ekspresif (acknowledgements). Dari masing-masing wujud tin-dak tutur diperoleh informasi bahwa tindak tutur direktif merupakan tindak tutur terbanyak atau yang paling sering digunakan oleh guru PAUD Ananda, yakni de-ngan jumlah delapan belas (18) data atau (64,3%), tindak tutur ekspresif berjum- 7 lah tiga (3) data atau (10,7%), tindak tutur konstantif berjumlah empat (4) data atau (14,35), tindak tutur komisif berjumlah tiga (3) data atau (10,7%). Keempat wujud tindak tutur ilokusi Guru PAUD Ananda direalisasikan dalam dentuk kali-mat tanya, kalimat perintah, dan kalimat berita. Strategi bertindak tutur ilokusi Guru dilakukan dengan dua (2) cara yakni tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Strategi tindak tutur langsung merupakan strategi bertindak tutur terbanyak dibandingkan dengan strategi tindak tutur tidak langsung dengan jum-lah dua puluh satu (21) data atau (75%). Strategi bertindak tutur tidak langsung berjumlah tuju (7) data atau (25%)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI