CAMPUR KODE PADA IKLAN TELEVISI BULAN JUNI - NOVEMBER TAHUN 2014


Author (Penulis)

CAHAYA AJI RIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0031

Abstract

Cahaya Aji Riani Harum Sari: Campur Kode Pada Iklan Televisi Bulan Juni -November Tahun 2014, Skripsi, PBSI, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci: campur kode, peristiwa tutur, iklan televisi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa iklan televisi dapat dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena pada dasarnya, iklan televisi menggunakan bahasa sebagai sarana penyampaian pesan kepada konsumen. Artinya, terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi. Penggunaan tuturan dalam iklan televisi dapat dikaji dalam sosiolinguistik. Sosiolinguistik adalah sebuah bidang kajian pada disiplin ilmu bahasa yang salah satu tugasnya mempelajari pengaruh lingkungan sosial terhadap bentuk pilihan bahasa pada masyarakat yang bersangkutan. Permasalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi wujud campur kode pada iklan televisi bulan Juni – November Tahun 2014? (2) Bagaimanakah deskripsi latar belakang terjadinya campur kode pada iklan televisi bulan Juni-November Tahun 2014? (3) Bagaimanakah deskripsi fungsi campur kode pada iklan televisi bulan Juni - November Tahun 2014?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan wujud campur kode pada iklan televisi bulan Juni-November Tahun 2014? (2) Mendeskripsikan penyebab terjadinya campur kode pada iklan televisi bulan Juni-November Tahun 2014? (3) Mendeskripsikan fungsi campur kode pada iklan televisi bulan Juni-November Tahun 2014?. Data penelitian ini berupa tuturan bintang iklan televisi yang terdapat pada 83 buah iklan yang telah dipilih secara acak dan ditranskripkan dalam bentuk teks tertulis. Sumber data penelitian ini adalah iklan televisi yang ditayangkan di stasiun Televisi Swasta Nasional di Indonesia dalam kurun waktu tahun 2014, yang telah dipilih dengan pertimbangan bahwa iklan-iklan tersebut telah memuat data-data yang diperlukan oleh penulis. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dengan teknik sadap. Teknik analisis data dilakukan melalui dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data dan analisis setelah proses pengumpulan data. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode formal dan metode informal. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) wujud campur kode pada iklan televisi terdiri atas kata, frasa, dan baster (2) latar belakang terjadinya campur kode pada iklan televisi yaitu identifikasi peranan, identifikasi ragam, dan keinginan untuk menjelaskan dan menafsirkan (3) fungsi campur kode pada iklan televisi antara lain mengakrabkan suasana, meyakinkan topik pembicaraan, menimbulkan citra kekinian dan citra berpendidikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah para insan periklanan diharapkan agar memperhatikan pilihan bahasa yang digunakan dalam situasi atau konteks iklan tersebut agar lebih menarik dan dapat dinikmati oleh konsumen. Masyarakat sebagai konsumen agar lebih selektif dalam memilih produk barang dan tidak hanya tergiur pada iklan yang ada. Di samping itu, para peneliti dan pemerhati bahasa diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan penelitian lanjutan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI