PRAANGGAPAN ANTARA PENJUAL DENGAN PEMBELI DI WARKOP “ABC” DERMAGA KEDIRI


Author (Penulis)

Adyi Nuggroho
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.07.0004

Abstract

Adyi Nuggroho: Praanggapan antara Penjual Dengan Pembeli, Di Warkop ABC Dermaga Kediri, Skripsi, PBSI,FKIP UN PGRI Kediri, 2015. Peristiwa praanggapan antara Penjual dan Pembeli di warkop ABC dermaga Kediri. Mereka, dapat berkomunikasi secara baik atau efektif karena saling memperhatikan dan saling memahami satu dengan yang lain. Salah satu hal penting dalam berkomunikasi adalah praanggapan yaitu dasar atau penyimpulan dasar mengenai konteks dan situasi berbahasa.Begitu pula antara penjual dan pembeli atau diantara para pembeli, masing-masing perlu memiliki praanggapan atau asumsi-asumsi yang benar, sebelum bertutur supaya lawan bicara bias langsung memahami maksudnya. Apabila antara penjual dan pembeli tidak memiliki praanggapan yang sama kemungkinan bias terjadi salah tafsir (misscomunnication). Masalah penelitian ini adalah Praanggapan di Warkop ABC Dermaga Kediri. Pertanyaan penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah deskripsi jenis praanggapan Faktif antara penjual dengan pembeli di warkop “ABC”dermaga kediri? (2) Bagaimanakah deskripsi jenis praanggapan Leksikal antara penjual dengan pembeli diwarkop “ABC”dermaga kediri? (3) Bagaimanakah deskripsi jenis praanggapan Nonfaktual antara penjual dengan pembeli diwarkop “ABC”dermaga kediri? Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praanggapan di warung kopi ABC Dermaga Kediri .Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan jenis praanggapan Faktif antara penjual dengan pembeli di warkop “ABC”dermaga Kediri, (2) mendeskripsikan jenis praanggapan Leksikal antara penjual dengan pembeli diwarkop “ABC”dermaga Kediri, (3) mendeskripsikan jenis praanggapan Nonfaktual antara penjual dengan pembeli diwarkop “ABC”dermaga Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiolinguistik dikarenakan penelitian ini membahas praanggapan sedangkan, jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa dialog percakapan antara penjual dan pembeli di warung ABC dermaga Kediri. Sedangkan, sumber data penelitian ini adalah rekaman dialog percakapan antara penjual dan pembeli di warung ABC dermaga Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah diri peneliti sendiri dilengkapi dengan kartu data. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan penelitian yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap pelaporan. Penelitiaan ini dilaksanakan selama tujuh bulan dari oktober 2014 sampai Juni 2015. Sesuai dengan karakteristik data dan tujuan penelitian, metode penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis praanggapan dalam per-cakapan yang terjadi di warung kopi ABC dermaga Kediri cukup bervariasi. Bentuk variasi tersebut meliputi jenis praanggapan faktif, leksikal dan nonfaktual. Jenis praanggapan faktif berkenaan dengan suatu hal yang bersifat fakta dan ke-benarannya dapat dipastikan. Oleh karena itu jenis ini yang paling banyak di-temukan. Selain kedua jenis praanggapan di atas, ada juga praanggapan nonfactual dalam percakapan ini. Praanggapan nonfactual berkebalikan dengan praanggapan faktual, sehingga pada praanggapan ini menunjukkan sebuah peng-andaian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI