PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PETA KONSEP TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I SEMEN KEDIRI PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA
Author (Penulis)
UMI ROSIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.06.0100
Abstract
ABSTRAK
UMI ROSIDAH : “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PETA
KONSEP TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA
KELAS VIII SMP NEGERI I SEMEN KEDIRI PADA POKOK BAHASAN
SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA”, Skripsi, Biologi, FKIP UNP
Kediri, 2015.
Kata kunci: model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI),
kemampuan mengidentifikasi sistem pernapasan pada manusia dengan peta
konsep terhadap Berpikir kritis, interaksi sosial dan hasil belajar.
Group Investigation adalah suatu model pembelajaran kooperatif dimana
guru dan siswa bekerja sama dalam membangun pembelajaran. Prosedur dalam
perencanaan bersama didasarkan pada pengalaman masing-masing siswa, sesuai
dengan kapasitas dan kebutuhan yang diperlukan. Penggunaan model ini
diharapkan siswa akan lebih mudah dalam memahami pelajaran melalui
pengalaman yang dilakukan dan pembelajaran akan menjadi lebih bermakna.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan peta konsep
terhadap berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN I Semen Kediri pada pokok
bahasan sistem pernapasan pada manusia. 2) Untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI)
dengan peta konsep terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII SMPN I Semen
Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
teknik uji analisis statistik yaitu uji anakova dan uji-t.
Dari hasil uji anakova dan uji-t diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti
“Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode konvensional dibanding
dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation
(GI) terhadap kemampuan mengidentifikasi sistem pernapasan pada manusia
dengan peta konsep terhadap berpikir kritis, interaksi sosial dan hasil belajar pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kota Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”.
Diharapkan metode model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI)
dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran Biologi di
sekolah khususnya kemampuan berpikir kritis dan interaksi sosial.