KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN PENDEKATAN BERMAKNA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII DI MTs HASAN MUCHYI TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
ZAENAL MUSTOFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0267
Abstract
ABSTRAK
Zaenal Mustofa: Penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan Pada Siswa Kelas VII MTs Hasan Muchyi Pagu Tahun 2014, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2014
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran Matematika di MTs Hasan Muchyi masih menggunakan metode konvensional, seperti ceramah dan drill (latihan soal), sehingga siswa cenderung pasif
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru selama penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan? (3) Adakah pengaruh penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik The Postest-Only Control Group Design yang dilakukan di MTs Hasan Muchyi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu (1) Aktivitas guru yang dominan selama penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna adalah menyampaikan tujuan pembelajaran, mendorong keterlibatan dan keikutsertaan siswa, menyampaikan materi dengan bantuan media pembelajaran, membagi kelompok belajar, membimbing jalannya diskusi kelompok, mengevaluasi hasil diskusi tiap kelompok dan menyimpulkan/ merangkum yang telah dibahas selama pembelajaran. Sedangkan aktivitas siswa yang dominan adalah memperhatikan penjelasan guru, ikut terlibat dalam kegiatan diskusi dan menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan. (2) Ada peningkatan hasil belajar pada materi himpunan setelah menerapkan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna (3) Ada pengaruh penerapan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna terhadap materi himpunan.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan Kolaborasi Model Student Facilitator And Explaining dengan Pendekatan Bermakna dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu model dan teknik dalam pembelajaran Matematika di sekolah..
Kata kunci: Model Student Facilitator And Explaining, dengan Pendekatan Bermakna, meningkatkan hasil belajar siswa materi himpunan.