PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VIII MTS TASWIROTUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PUJI LIA ELISA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0202

Abstract

Abstrak PUJI LIA ELISA: Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar kelas VIII MTs Taswirotul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa bembelajaran matematika masih bersifat pasif karena sebagian siswa cenderung kurang aktif saat pembelajaran berlangsung di kelas karena pembelajaran yang diberikan membosankan bagi siswa. Hal tersebut Nampak dari keramaian dan kurangnya keaktifan siswa untuk memunculkan kemampuan berpikir kreatifnya pada pelajaran matematika. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar kelas VIII MTs Taswirotul Ulum Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran based learning (PBL) pada materi bentuk aljabar kelas VIII MTs Taswirotul Ulum? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII MTs Taswirotul Ulum. Penelitian dilaksanakan dengan memberikan soal pre test dan pos test, menggunakan instrument berupa RPP, lembaran kreativitas belajar matematika siswa, wawancara dan tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pembelajaran Problem Based Learning yang sudah diberikan mampu membuat siswa dapat mengeluarkan gagasan/ide dalam kemampuan berpikir kreatifnya yang masuk dalam tiga kategori yaitu siswa sangat kreatif, cukup kreatif dan kurang kreatif. (2) Melalui pembelajaran Problem Based Learning pada pemberian soal pre test dan pos test terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning adalah untuk megembangkan kemampuan kerjasama dan kemampuan berpikir kreatifnya dalam menyelesaikan soal. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana siswa aktif. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembelajaran Problem Based Learning sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan siswa aktif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI