Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar


Author (Penulis)

PRIMA KHUSBIYANTORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0200

Abstract

Prima Khusbiyantoro, NPM: 10.1.01.05.0200, Penelitian Ini Berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Papar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar”. Permasalahan yang muncul dalam skripsi ini adalah apakah melalui model pembelajaran Snowball Throwing mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi aljabar. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal latihan yang diberikan oleh guru, masih banyak siswa yang belum memahami dan masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar . Oleh karena itu akan dicoba diterapkan model pembelajaran tipe Snowball Throwing. Dengan model ini siswa di bentuk dalam sebuah kelompok dan masing-masing kelompok berdiskusi menyelesaikan soal masing-masing setelah mendapat penjelasan dari guru dan ketua kelompok masing-masing. Dari hasil analisis angket motivasi siswa, dapat diketahui bahwa pencapaian angket respon siswa adalah 78,85% dengan kriteria cukup baik. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan motivasi yang baik atau positif terhadap proses pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing pada pokok bahasan operasi hitung aljabar. Dari hasil analisis data hasil post test yang diberikan pada kedua pertemuan diketahui pada kelas eksperimen terdapat 30 dari 36 siswa mendapat nilai diatas KKM dengan ketuntasan klasikalnya adalah 83%, sedangkan kelas kontrol terdapat 20 dari 36 siswa mendapat nilai diatas KKM dengan ketuntasan klasikalnya adalah 56%. Dan dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=3,08 dan t_tabel=1,67. Karena t_hitung> t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi operasi hitung aljabar kelas VIII SMPN 1 Papar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan guru serta keaktifan siswa pada materi operasi aljabar. Kata Kunci : Snowball Throwing, Hasil Belajar, Operasi Aljabar, Motivasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI