PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATIC PROJECT DAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS X MA AL MUWAZANAH PLOSOKLATEN PADA MATERI POKOK EKSPONEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MOHAMMAD SUBKHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0167

Abstract

Pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project dan model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap kemampuan belajar siswa kelas X MA Al Muwazanah plosoklaten pada materi pokok eksponen tahun pelajaran 2014/2015 Kata kunci: Connected Mathematics Project dan model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas eksperimen kelas X-1 dan kelas kontrol kelas X-2 MA Al Muwazanah plosoklaten. Penelitian menggunakan instrumen berupa RPP, lembar angket Motivasi siswa, dan soal Post test matematika siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1 ) Penelitian ini dilatar belakangi hasil Hasil angket menunjukkan motivasi siswa yang menggunakan model Kooperatif tipe think pair share lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Al Muwazanah Plosoklaten masih didominasi oleh aktivitas peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, siswa pasif dan pembelajaran terasa membosankan. Hal tersebut nampak dari aktivitas belajar matematika siswa secara lisan maupun tertulis yang rendah dan terlihat dari hasil belajar siswa pada ulangan harian juga menunjukkan angka rendah. Permasalahan penelitian ini adalah ). (2) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen menggunakan model Kooperatif tipe think pair share lebih tinggi jika jika dibandingkan dengan kelas kontrol menggunakan model Conected Mathematic project (3) Adanya pengaruh kemampuan (1 ) belajar ditinjau dari rata rata hasil belajar di Pots Test siswa kelas eksperimen yaitu 81,12 dan rata rata kelas kontrol 77,01.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-11-02

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI