PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATIC PROJECT DAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS X MA AL MUWAZANAH PLOSOKLATEN PADA MATERI POKOK EKSPONEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MOHAMMAD SUBKHI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0167
Abstract
Pengaruh model
pembelajaran Connected Mathematics Project
dan model Kooperatif Tipe Think Pair Share
terhadap kemampuan belajar siswa kelas X MA
Al Muwazanah plosoklaten pada materi pokok
eksponen tahun pelajaran 2014/2015
Kata kunci: Connected Mathematics Project dan
model Kooperatif Tipe Think Pair Share,
Motivasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan subyek penelitian siswa
kelas eksperimen kelas X-1 dan kelas kontrol
kelas X-2 MA Al Muwazanah plosoklaten.
Penelitian menggunakan instrumen berupa
RPP, lembar angket Motivasi siswa, dan soal
Post test matematika siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah
(1
)
Penelitian ini dilatar belakangi hasil
Hasil angket menunjukkan motivasi siswa
yang menggunakan model Kooperatif tipe
think pair share lebih tinggi dibandingkan
model pembelajaran Connected Mathematics
Project (CMP
pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah
Al Muwazanah Plosoklaten masih didominasi
oleh aktivitas peran guru. Akibatnya suasana
kelas monoton, siswa pasif dan pembelajaran
terasa membosankan. Hal tersebut nampak dari
aktivitas belajar matematika siswa secara lisan
maupun tertulis yang rendah dan terlihat dari
hasil belajar siswa pada ulangan harian juga
menunjukkan angka rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah
).
(2) Ada perbedaan hasil belajar matematika
siswa kelas eksperimen menggunakan model
Kooperatif tipe think pair share lebih tinggi
jika jika dibandingkan dengan kelas kontrol
menggunakan model Conected Mathematic
project
(3) Adanya pengaruh kemampuan
(1
)
belajar ditinjau dari rata rata hasil belajar di
Pots Test siswa kelas eksperimen yaitu 81,12
dan rata rata kelas kontrol 77,01.