PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS 3 SDN REMBANGKEPUH NGADILUWIH KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MOH. ABDULLOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0165
Abstract
Abdulloh, Mohammad. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Pendekatan Contextual Teching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang kelas 3 SDN Rembangkepuh Ngadiluwih tahun ajaran 2014/2015. Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan CTL , Aktivitas Siswa, Penerapan Model Pembelajaran dan Peningkatan Hasil Belajar .
Penelitian ini dilaksanakan karena kecenderungan guru dalam mengajar bersifat informatif atau transfer ilmu dari guru ke siswa sehingga mempengaruhi aktivitas siswa yang kurang maksimal, karena dengan aktivitas siswa yang kurang maksimal dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, penerapan model pembelajaran dalam kelas dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan CTL pada materi pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang kelas 3 SDN Rembangkepuh Ngadiluwih tahun ajaran 2014/2015
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus mempunyai tahap perencanaan , pelaksanaan penelitian, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Instrumen lain yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi pengelolaan model pembelajaran dan tes evaluasi.
Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas siswa dapat dikatakan baik yang dapat dilihat dari prosentase aktivitas siswa siklus II sebesar 93,75%. Penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan CTL juga berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari prosentase aktivitas guru siklus II sebesar 91,07%. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa rata-rata siklus I 72 dan rata-rata siklus II 88 dengan prosentase nilai siklus I 72% dan presentase nilai siklus II 88%.