PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DENGAN PENDEKATAN LIFE SKILLS BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS III MI. DARUSSA’ADAH BALONGSARI KRECEK TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
M. ABDUL ROHIM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0146
Abstract
M. ABDUL ROHIM : Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Pendekatan Life Skills Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Kelas III MI. Darussa’adah Balongsari, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
kata Kunci : Concept Sentence, Life Skills Based Learning, Berpikir Kreatif dan Keaktifan siswa.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti selama mengajar di MI. darussa’adah, bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas masih guru yang mendominasi kegiatan pembelajarannya. Tanpa menggunakan model atau pendekatan kepada siswa. Dalam hal ini antara guru dan siswa tidak terdapat kerja sama yang terjalin baik. Artinya guru tidak menfasilitasi siswa mengembangkan ide-idenya untuk menjawab permasalahan dalam materi pembelajaran.
Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti berinovasi untuk menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dengan pendekatan Life Skills Based Learning. Model Concept Sentence adalah model pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai dengan apa yang diketahui siswa selama pembelajaran. Siswa dibebaskan untuk menggunakan pengetahuan mereka dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK dengan subjek penelitian siswa kelas III MI. Darussa’adah Balongsari . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua kali tatap muka untuk setiap siklus. Menggunakan perangkat atau instrumen berupa RPP, Silabus, lembar Observasi, lembar LKS, dan tes Torrance untuk memperoleh data tentang berpikir kreatif siswa.
Kesimpulan dari penelitian penerapan model pembelajaran Concept Sentence dengan menggunakan pendekatan Life Skills Based Learning adalah kerjasama yang baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengeksplorasi ide-idenya dalam menjawab permasalahan matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.