IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMAN 6 KEDIRI
Author (Penulis)
IKA WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0117
Abstract
Abstrak
IKA WULANSARI : Implementasi model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari keaktifan siswa kelas X SMAN 6 Kediri, Skripsi, Pendidikan Matematika, FKIP UN PGRI Kediri, 2015.
Kata Kunci: Implementasi model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, keaktifan, eksponen
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMAN 6 Kediri masih kurang karena model pembelajaran yang monoton. Akibatnya siswa kurang antusias dalam belajar, kurang dalam pemahaman penguasaan konsep, dan siswa kurang aktif saat pembelajaran berlangsung. Hal ini terlihat dari kurang kreatifnya guru dalam mengajar dan rendahnya hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah kesulitan pada siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi eksponen berdasarkan hasil observasi awal? (2) Adakah kesulitan pada siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi eksponen disebabkan oleh kurang sesuainya model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga hasil belajar siswa juga rendah? (3) Bagaimana model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat mempengaruhi keaktifan siswa kelas X SMAN 6 Kediri pada materi eksponen?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X-4 dan kelas X-5 SMAN 6 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi sikap siswa, angket keaktifan siswa dan tes hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Kediri dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi eksponen meningkat (2) Hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Kediri dengan model pembelajaran konvensional pada materi eksponen rendah (3) Aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 6 Kediri dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi eksponen tinggi (4) Aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 6 Kediri dengan implementasi model pembelajaran konvensional pada materi eksponen kurang (5) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi eksponen kelas X SMAN 6 Kediri.