PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
HENY NURUL FITRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0105
Abstract
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
HENY NURUL FITRIA
10. 1. 01. 05. 0105
FKIP – Pendidikan Matematika
henynurulfitria@gmail.com
Drs. Darsono, M.Pd dan Dr. Suryo Widodo, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Heny Nurul Fitria: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas VII di SMPN 3 Kediri Materi Segiempat Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan peneliti terhadap implementasi Kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013, materi Segitiga dan Segiempat diajarkan di kelas 7 SMP. Untuk mempermudah pemahaman tentang materi Segitiga dan Segiempat dibutuhkan model pembelajaran yang tepat tanpa meninggalkan inti dari kurikulum 2013.
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan Saintifik kurikulum 2013 kelas VII SMPN 3 Kediri materi Segiempat tahun ajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan Research and Design. Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Model Plomp (1997). Model ini mempunyai 5 fase yaitu: fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi; fase tes, evaluasi, revisi; dan fase implementasi. Dalam fase tes, evaluasi dan revisi akan dilakukan validasi, dua kali uji coba dan revisi setiap selesai uji coba.
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan peneliti telah dihasilkan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan Saintifik materi Segitiga dan Segiempat di kelas VII di SMPN 3 Kediri tahun ajaran 2014 yang sesuai dengan kriteria kelayakan dan kevalidan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan perangkat pembelajaran model Pembelajaran Kontekstual dan pendekatan Saintifik yang layak dan baik digunakan oleh guru.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, saintifik, segiempat.