Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Subtopik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

Florensina Maria Serlyana Ase
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0099

Abstract

ABSTRAK Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah. Hal ini menunjukkan bahwa matematika salah satu mata pelajaran yang memiliki arti penting dalam menunjang lahirnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Pada Subtopik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Semen Tahun Pelajaran 2016/2017. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah minat belajar siswa setelah dilakukan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel? Desain penelitian ini adalah True Eksperimental post test only with control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar, aktivitas siswa dan hasil belajar. Populasi yang diteliti adalah semua siswa kelas VII-I SMP N 1 Semen Kabupaten Kediri, dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel berjumlah 38 responden. Hasil analisis diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas belajar (p = 0,047 < ? = 0,05) dan hasil belajar (p = 0,000 < ? = 0,05) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII SMPN 1 Semen Kediri tahun ajaran 2016/2017. Nilai mean difference sebesar 2,87 dimana nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi (73,0) daripada mean kelas kontrol (67,2). Nilai mean difference sebesar 11,68 dimana nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi (83,6) daripada mean kelas kontrol (71,9). Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Siswa SMP

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI