Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 6 Kota Kediri Pada Materi Bilangan Pecahan Tahun Pelajaran 2017/2018


Author (Penulis)

FADHILA YUNAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0090

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP N 6 Kota Kediri Pada Materi Pecahan Tahun Pelajaran 2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Dalam Penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas VII A menjadi kelas eksperimen dan kelas VII B menjadi kelas kontrol.Data dikumpulkan dengan metode tes dan observasi.Penelitian ini dilakukan di SMP N 6 Kota Kediri pada semester pertama tahun pelajaran 2017/2018 yang melibatkan 40 orang sebagai sampel penelitian dengan design post test only control design.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan berpikir kritis dan post test.Dari tabel 4.3 dan grafik 4.1 di atas dapat diketahui persentase kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bilangan pecahan dengan model pembelajaran Think-Talk-Write, pada ketegori sangat tinggi terdapat 12 peserta didik atau sebanyak 36,7%, pada ketegori tinggi terdapat 10 peserta didik atau 32,3%, pada ketegori sedang terdapat 9 peserta didik atau 29%, dan tidak ada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada ketegori rendah dan sangat rendah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mayoritas kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bilangan pecahan dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada kategori sangat tinggi.Selain itu jika dilihat dari rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bilangan pecahan dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yaitu sebesar 77,16 berada pada kategori tinggi. Kata Kunci :Model Think Talk Write (TTW) , Pendekatan Konvensional,Kemampuan Berpikir Kritis

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-29

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI