PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYAKAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

EVITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0088

Abstract

ABSTRAK EVITA SARI : Pengaruh Model Project Based Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi operasi bilangan SMP Negeri 1 Banyakan Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata kunci: model project based learning, motivasi, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika di SMP kebanyakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Akibatnya dalam proses pembelajaran tidak efektif dan suasana kelas monoton. Kurangnya motivasi belajar mengakibatkan prestasi belajar menurun. Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model project based learning dan Motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi bilangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyakan. Penelitian dilaksanakan melalui lima tahap, adapun tahap penelitian adalah penulisan proposal, penyusunan instrumen, validasi instrumen, pengumpulan data lapangan, analisis data, penulisan laporan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (a) Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows diperoleh hasil untuk F 1itung dari tabel ngket table Tests of Between-Subjects Effects = 3,970 dan nilai F1tabel = 2,80. Karena nilai F hitung dari tabel angket table Tests of Between-Subjects Effects = 3,970 ? F1tabel = 2,80 maka dapat disimpulkan bahwa Ha_j diterima. Jadi keputusannya ada perbedaan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dengan pendekatan kontekstual (Contekstual Teaching And Learning) diterapkan pada siswa. (b) Dari data analisis SPSS 16.0 for Windows diperoleh hasil untuk F 1itung dari table Tests of Between-Subjects Effects = 3,794 dan nilai F1tabel = 2,80. Karena nilai F hitung dari tabel angket table Tests of Between-Subjects Effects = 3,794 ? F1tabel = 2,80 maka dapat disimpulkan bahwa Ha_b diterima. Jadi keputusannya ada pengaruh penerapan model Project Based Learning dengan pendekatan Kontekstual dan motivasi pada hasil belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI