PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STRUKTUR BERTELEPON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI
Author (Penulis)
ERICH RINIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0085
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri, dimana siswa cenderung tidak memperhatikan penjelasan guru dan selalu menolak jika diterapkan pembelajaran berkelompok. Hal ini nampak pada motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran struktur kooperatif bertelepon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri? (2) Apakah model pembelajaran kooperatif struktur bertelepon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana hanya menggunakan satu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Koopertaif struktur bertelepon. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan, menggunakan instrumen berupa kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran kooperatif struktur bertelepon dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Presentase rata-rata hasil angket motivasi belajar I adalah 72% sedangkan pada angket motivasi belajar II adalah 83%. (2) Model pembelajaran kooperatif struktur bertelepon dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tes I adalah 76,75 sedangkan pada tes II adalah 82.