EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY DENGAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DI TINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 GROGOL


Author (Penulis)

ENDRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0083

Abstract

Abstrak : Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa kurang bisa melihat keadaan sosial yang beragam di luar lingkungannya, strategi pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, dan keadaan social ekonomi orang tua. Berdasarkan pertanyaan penelitian dan kajian pustaka yang di kembangkan dalam penelitian ini adalah“ efektivitas model pembelajaran role play dengan pendekatan konstektual di tinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar matematika pada materi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol.” Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan pengamatan sikap.Untuk menentukan bagaimana efektivitas model pembelajaran ini ada beberapa kriteria yang harus di penuhi dalam penelitian. Dari analisis data, diperoleh rata-rata nilai teshasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran role play dengan pendekatan konstektual ini tuntas secara klasikal dan aktivitas siswa dalam pembelajaran juga telah memenuhi kriteria keefektifan yang peneliti harapkan. Model pembelajaran role play dengan pendekatan konstektual ini dapat di katakan efektif jika di tinjau dari moivasi belajar dan hasil belajar siswa, Karena hasil nilai semua aspek yang di teliti oleh peneliti termasuk dalam kategori baik dan hasil belajar matematika pada materi aljabar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol ini tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran role play dengan pendekatan konstektual adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, serta memotivasi siswa dalam pembelajaran. (2) Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaranyang berganti-ganti agar siswa tidak mengalami kejenuhan dalam pembelajaran, dan juga harus lebih memperbanyak memberikan masalah-masalah atau contoh-contoh yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi dan siswa lebih mengetahui manfaat mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci :Role play, Hasil belajar, Motivasi belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI