PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI PECAHAN KELAS VII SEMESTER GANJIL UPTD SMP NEGERI 2 TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

BINTI UMI HANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0049

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena guru kurang kreatif dalam pemilihan strategi pembelajaran, sehingga siswa menjadi cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu upaya guru untuk memperkenalkan siswa dalam menyelesaikan masalah masih sangat kurang bahkan cenderung diabaikan. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)? (2)Apakah hasil belajar siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional? (3) Bagaimana respon siswa setelah pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning(CTL)? Berdasarkan dari analisis data, rata-rata skor guru mengelola pembelajaran pada pertemuan ke-1 73,21%, pertemuan ke-2 85,71%, dan pertemuan ke-3 91,07%. Peningkatan presentase secara klasikal dari aktivitas guru mengelola pembelajaran bahwa pembelajaran materi operasi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran PBL melalui Pendekatan CTL dinyatakan baik. Berdasarkan rata-rata skor postes siswa pada kelas kontrol57,50, dan kelas eksperimen 72,92. Dari perhitungan dengan menggunakan SPSS di dapatkan nilai Sig. (2-tailed) hasil belajar adalah 0,000. Karena taraf signifikan ? = 0,05 dan nilai Sig. (2-tailed)< ?, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PBL melalui Pendekatan CTL lebih baik dari hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Rataratahasilanalisis data respon siswa setelah pembelajaran PBL dengan pendekatan CTL 71,25% dan terletak pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikemukakan, maka saran yang dapat peneliti berikan adalah : (1) Tujuan pokok penggunaan strategi pembelajaran PBL ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi suatu masalah, serta mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. (2) Sebaiknya guru menerapkan strategi pembelajaran PBL ini, dan juga harus lebih memperbanyak memberikan masalah-masalah atau contoh-contoh yang ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi dan siswa lebih mengetahui manfaat mempelajari operasi hitung bentuk aljabar dalam kehidupan sehari-hari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI