UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 REJOSO DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPENENDED PADA MATERI PECAHAN
Author (Penulis)
AYU GALIH SASMITA NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.05.0042
Abstract
ABSTRAK
Ayu Galih Sasmita Ningsih:Upaya Meningkatan Hasil Belajar Dan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Rejoso Dengan Menggunakan Pendekatan Openended Pada Materi Pecahan, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika, September, 2014
Kata kunci: open-ended, hasil belajar, partisipasi belajar
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti pada saat mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 5 Kediri dan dari hasil wawancara dengan salah satu guru di SMPN 2 Rejoso. Pada umumnya guru-guru disana menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah dan strategi SAB (Siswa Aktif Belajar) yang pada kenyataannya tidak dapat menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.Siswa malah pasif karena dalam pembelajaran guru terkesan lebih mendominasi kelas.
Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana partisipasi belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Rejoso selama diterapkannya pendekatan open-ended pada materi pecahan? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Rejoso selama diterapkannya pendekatan open-ended pada materi pecahan? (3) Apakah pendekatan open-ended dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rejoso pada materi pecahan? (4) Apakah pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rejoso pada materi pecahan?
Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi dengan indikator keberhasilan rata-rata partisipasi belajar siswa ? 75%, ketuntasan belajar individu ?75% dan ketuntasan secara klasikal ?85%. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-F yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Obeservasi digunakan untuk menjaring data berupa partisipasi belajar siswa yang meliputi bertanya, menjawab, menyampaikan pendapat dan memecahkan soal, dan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah(1) Partisipasi belajar siswa selama diterapkannya pendekatan open-ended mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. (2) Hasil belajar siswa selama diterapkannya pendekatan open-ended mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. (3) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa (4) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Hendaknya seorang guru mampu menciptakan pembelajaran yang dapat memicu rasa ingin tahu siswa supaya siswa dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembelajaran. (2) Sesuai dengan kurikulum 2013 dimana peran aktif siswa dituntut, guru maupun praktisi pendidikan dapat menggunakan pembelajaran dengan pendekatan open-ended sebagai alternatif pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.