EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GABUS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI VOLUME TABUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AYU DEASY SUSWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0041

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 5 Kediri. Berdasarkan hasil nilai ujian nasional matematika tahun ajaran 2012/2013 dapat diketahui bahwa nilai rata-rata ujian nasional pada mata pelajaran matematika adalah 6,34. Meskipun nilai tertingginya adalah 10,00, namun nilai terendahnya adalah 1,75. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 5 Kediri masih rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini kemungkinan karena guru menggunakan pembelajaran konvensional dan kurangnya kreativitas belajar siswa didalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu model dan media pembelajaran yang menarik untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus. (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus. (3) Untuk mengetahui manakah yang lebih baik hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dan siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus. Penelitan yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket dan post-test yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas ahli, uji validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Pada hipotesis penelitian diuji dengan teknik analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Sebelum menghitung analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama, telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi X ?_1=90, siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang X ?_2=65,91, dan siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah X ?_3=44,58. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus. (2) Hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus. (3) Hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada media pembelajaran gabus.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI