PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELILING DAN LUAS LINGKARAN KELAS VIII DI SMP PAWYATAN DAHA 2


Author (Penulis)

ARIF AZHAR M.A
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0035

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masih rendahnya hasil belajar siswa. Prestasi ini ternyata merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menyentuh peserta didik itu sendiri yaitu bagaimana sebenarnya belajar dan memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi pokok keliling dan luas lingkaran kelas VIII di SMP Pawyatan Daha 2. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimental. nilai pada Kelas Eksperimen yaitu kelas VIII B yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index card match adalah 82,05 lebih tinggi dibandingan rata-rata nilai siswa pada Kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 67,5. Dari sini terlihat bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara Kelas Eksperimen dengan kelas Kontol terutama pada hasil belajar. ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Index card match pada materi pokok keliling dan luas lingkaran . ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok keliling dan luas lingkaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI