PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2


Author (Penulis)

ANA IMRO'ATUL M.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.05.0022

Abstract

Abstrak Ana Imro’atulM :Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa pada Materi Perkalian Bentuk Aljabar KelasVIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri 2015/2016.Skripsi, Matematika, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Model Pembelajaran, minat belajar, Bentuk Ajabar, Operasi Perkalian Bentuk Aljabar, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan hasil belajar peserta didik di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian matematika pada materi operasi perkalian bentuk aljabar di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Hasil survey diketahui bahwa 86,2% dari 36 siswa kelas VIII, hasil belajarnya masih berada di bawah KKM, sehingga perlu ditingkatkan. Model pembelajaran yang konvensional dan minat belajar siswa kemungkinan besar adalah penyebabnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu cara agar pelaksanaan belajar mengajar dapat terlaksana secara kreatif dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika pada materi Perkalian Bentuk Aljabar antara siswa yang mendapat model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Scientific dengan minat belajar yang tinggi, sedang, dan rendah, (2) untuk mengetahui manakah hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang minat belajarnya tinggi dengan sedang, (3) untuk mengetahui manakah hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang minat belajarnya tinggi dengan rendah, (4) untuk mengetahui manakah hasil belajar siswa yang lebih baik antara siswa yang minat belajarnya sedang dengan rendah. Penelitan yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket dan post-test yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas ahli, uji validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hipotesis maka, digunakan uji analisa variansi satu jalan dengan sel tak sama. Sebelum menghitung analisa variansi satu jalan dengan sel tak sama, telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang minat belajarnya tinggi X ?_1=93,32 dan siswa yang minat belajarnya sedang X ?_2=84,71 sedangkan siswa yang minat belajarnya rendah X ?_3=74. Dari perhitungan dengan menggunakan tehnik analisa variansi satu jalan dengan sel tak sama t_hitung=21,06 dan t_tabel=3,28. Menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel dengan dk = 33 dan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar matematika pada materi Perkalian Bentuk Aljabar antara siswa yang mendapat model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Scientific dengan minat belajar yang tinggi, sedang, dan rendah di SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Siswa yang minat belajarnya tinggi, hasil belajarnya tidak lebih baik dibandingkan siswa yang minat belajarnya sedang dengan Fobs = 6,47 dan lebih kecil dari F_kritik = 6,56, siswa yang minat belajarnya tinggi hasil belajarnya lebih baik dibandingkan siswa yang minat belajarnya rendah dengan Fobs = 41,76 dan lebih besar dari F_kritik = 6,56, dan siswa yang minat belajarnya sedang hasil belajarnya lebih baik dibandingkan siswa yang minat belajarnya rendah dengan Fobs = 8,08 dan lebih besar dari F_kritik = 6,56.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-11-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI