PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING LEARNING DALAM KETUNTASAN BELAJAR EKONOMI PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN ELASTISITAS DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN 2012/2013
Author (Penulis)
ZUAMA BHERTINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.04.0106P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil
pengamatan dan pengalaman peneliti,
pembelajaran ekonomi di SMA didominasi
aktivitas klasikal pada peran guru maka
Scaffolding Learning pendekatan PAKEM
jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
siklus I dan siklus II yaitu tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, refleksi ditempuh selama enam
kali pertemuan merupakan guru
memberikan dan mengurangi bantuan
sementara akhirnya menghilangkan sama
sekali mendorong siswa membangun
pengetahuan dan kemampuan berpikirnya.
Penelitian ini bertujuan mengetahui
efektivitas penerapan Scaffolding Learning
dalam proses pembelajaran dan prestasi
belajar ekonomi siswa kelas X SMA
MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK.
Hasil penelitian penerapan
Scaffolding Learning adalah: prestasi
belajar siswa dinilai: siklus I aspek afektif
baik 63,5% meningkat 81,5%; cukup
meningkat 80,2% pada siklus II aspek
psikomotorik sangat baik 56,8%. Siklus I
aspek kognitif pretest meningkat 73,6%;
post test baik meningkat 81% pada siklus
II sangat baik, berarti melampaui standar
nilai ketuntasan belajar siswa yaitu siklus I
dan siklus II meningkat masing-masing
68,15% dan 76,73%.