PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING LEARNING DALAM KETUNTASAN BELAJAR EKONOMI PADA POKOK BAHASAN PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN ELASTISITAS DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN 2012/2013


Author (Penulis)

ZUAMA BHERTINAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.04.0106P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, pembelajaran ekonomi di SMA didominasi aktivitas klasikal pada peran guru maka Scaffolding Learning pendekatan PAKEM jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siklus I dan siklus II yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi ditempuh selama enam kali pertemuan merupakan guru memberikan dan mengurangi bantuan sementara akhirnya menghilangkan sama sekali mendorong siswa membangun pengetahuan dan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan Scaffolding Learning dalam proses pembelajaran dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK. Hasil penelitian penerapan Scaffolding Learning adalah: prestasi belajar siswa dinilai: siklus I aspek afektif baik 63,5% meningkat 81,5%; cukup meningkat 80,2% pada siklus II aspek psikomotorik sangat baik 56,8%. Siklus I aspek kognitif pretest meningkat 73,6%; post test baik meningkat 81% pada siklus II sangat baik, berarti melampaui standar nilai ketuntasan belajar siswa yaitu siklus I dan siklus II meningkat masing-masing 68,15% dan 76,73%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-05

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI