PENGARUH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DISERTAI PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA SMPN 8 KEDIRI


Author (Penulis)

SEPTANTI DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.03.0024

Abstract

ABSTRAK Septanti Dewi Pritarani : Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab Disertai Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar PKn Siswa SMPN 8 Kediri. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014 Dalam interaksi belajar mengajar,guru bukan satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Tugas guru adalah memberikan motivasi dan mengarahkan agar aktifasi belajar terarah. Salah satu cara agar usaha belajar yang dilakukan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal, diperlukan kemampuan guru dalam menggunakan metode mengajar. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, makakeaktifan siswa perlu di upayakan tercipta dan berjalan terus dengan menggunakan beragam metode mengajar. Salah satunya adalah metode tanya jawab dengan penggunaan penguatan yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode tanya jawab disertai pemberian penguatan terhadap motivasi dan prestasi belajar dalam mata pelajaran PKn path siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Alasan penggunaan pendekatan kuantitatif adalah untuk memudahkan dalam menafsirkan atau menganalisis data-data yang diperoleh. Faktor-faktor yang diteliti dinyatakan dengan angka-angka, kemudian dianalisis menggunakan statistika. Populasi penelitian adalah semua siswa SMPN 8 Kediri. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri. Jumlah subyek penelitian 34 siswa. Pemilihan metode Tanya jawab disertai pemberian penguatan berpengaruh sangat signifikan terhadap tingkat motivasi dan prestasi belajar siswa SMPN 8 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor rata-rata motivasi sebelum eksperimen 45,85 menjadi 49,62 dan hasil prestasi belajar siswa dan 83,67 (nilai pre-test) menjadi 90,15 (nilai pos-test)dan bahkan ada 9 siswa yang mendapat nilai maksimal yakni 100.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI