PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 6 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DWI ENDAH SRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.02.0010

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 6 Kediri jarang menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan hal yang penting untuk menunjang pemahaman materi kepada siswa. Pemahaman materi harusnya memperhatikan kemampuan pemahaman siswa dari segi visual dan audio. Media pembelajaran power point merupakan media pembelajaran yang cocok dalam pencapaian pemahaman siswa, karena media pembelajaran power point dapat sekaligus menampilkan audio dan visual. Media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang sangat mudah dioperasikan melalui bantuan komputer dan proyektor LCD, seorang pendidik dapat menyampaikan materi dengan mudah dan lebih hemat karena kertas transparansi tidak diperlukan lagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Kediri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang secara akademis memiliki kemampuan rata-rata tiap kelas adalah sama sehingga dianggap homogen. Penelitian ini mengambil dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol.Kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran yang sama dari segi tujuan, isi, bahan pembelajaran dan waktu belajar, perbedaan hanya terletak pada pemanfaatan Media PowerPoint. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes kemampuan awal (prates) dan tes kemampuan akhir (pascates). Analisis data dilakukan dengan uji Paired Sample Test dengan bantuan SPSS 14.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar Sejarah siswa yang menggunakan media PowerPoint lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan medi PowerPoint. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa penggunaan media Microsoft PowerPoint berpengaruh pada hasil belajar Sejarah. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Sejarah adalah menjadikan media PowerPoint sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media PowerPoint dan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari penggunaan media Microsoft PowerPoint.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI