HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIISMP NEGERI 3 TULAKAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

LINA LIDIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

10.1.01.01.0522

Abstract

ABSTRAK Penelitaian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui konsep diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan Kabupaten Pacitan (2) Untuk mengetahui interaksi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan Kabupaten Pacitan (3) Untuk mengetahui adakah hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian korelasionel, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Mengingat terbatasnya waktu, tenaga, dan biaya pada diri peneliti, makan populasi dari penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian diketahui bahwa skor konsep diri siswa berada antara rentang 86 sampai 124 dengan skor total konsep diri siswa adalah 3517, sedangkan skor Interaksi sosial siswa berada antara rentang 85 sampai 125 dengan skor total Interaksi sosial siswa adalah 3618. Hasil analisis data menunjukan nilai r adalah 0,6419, maka berarti berada pada antara 0,600 sampai dengan 0,800. Sehinga interprestasi nilai r adalah cukup. Berdasarkan analisis data diperoleh r hitung dengan N=34 sebesar 0,689 jika dikonseltasikan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka 0,339. Maka, r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,689>0,339). Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri LINA LIDIAWATI | NPM : 10.1.01.01.0522 FKIP – Bimbingan dan Konseling simki.unpkediri.ac.id || 5|| Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan metode Analis Korelasi Product Moment. Berdasarkan simpulan diatas, maka dapat diajukan saran sebagai berikut: (1) Konselor akan lebih bijak seandainya memberikan layanan kepada siswa mengenai cara memahami konsep diri siswa yang positif secara realistis, sehingga disaat siswa berinteraksi sosial juga tepat dan realistis. (2) Diharapak lembaga sekolah dapat merancang dengan kreatif suatu program khusus untuk menjalin hubungan dan kerja sama dengan orang tua siswa terutama kepada siswa yang memiliki konsep diri yang kurang baik sehingga untuk membantu mengembangkan daya interaksi sosial yang baik juga.(3) sebagai bahan pustaka untuk mengadakan pengembangan keilmuan dan penelitian lebih lanjut khususnya tentang hal lain yang mempengaruhi interaksi sosial siswa.

Keyword

KONSEP DIRI, INTERAKSI SOSIAL

Reference


PUBLISHED

2016-01-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade