HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIISMP NEGERI 3 TULAKAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
LINA LIDIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
10.1.01.01.0522
Abstract
ABSTRAK
Penelitaian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui konsep diri pada siswa kelas
VII SMP Negeri 3 Tulakan Kabupaten Pacitan (2) Untuk mengetahui interaksi sosial pada
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan Kabupaten Pacitan (3) Untuk mengetahui adakah
hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan
Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menurut jenisnya termasuk penelitian
korelasionel, yaitu penelitian yang diarahkan untuk mengetahui hubungan antara dua
variabel atau lebih. Mengingat terbatasnya waktu, tenaga, dan biaya pada diri peneliti,
makan populasi dari penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan
tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian diketahui bahwa skor konsep diri
siswa berada antara rentang 86 sampai 124 dengan skor total konsep diri siswa adalah 3517,
sedangkan skor Interaksi sosial siswa berada antara rentang 85 sampai 125 dengan skor
total Interaksi sosial siswa adalah 3618. Hasil analisis data menunjukan nilai r adalah
0,6419, maka berarti berada pada antara 0,600 sampai dengan 0,800. Sehinga interprestasi
nilai r adalah cukup.
Berdasarkan analisis data diperoleh r hitung dengan N=34 sebesar 0,689 jika
dikonseltasikan dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh angka 0,339. Maka, r
hitung lebih besar dari pada r tabel (0,689>0,339). Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada
Artikel Skripsi
Universitas Nusantara PGRI Kediri
LINA LIDIAWATI | NPM : 10.1.01.01.0522
FKIP – Bimbingan dan Konseling
simki.unpkediri.ac.id
|| 5||
Hubungan Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tulakan
Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan analisis data diperoleh dengan menggunakan metode Analis Korelasi
Product Moment.
Berdasarkan simpulan diatas, maka dapat diajukan saran sebagai berikut: (1) Konselor
akan lebih bijak seandainya memberikan layanan kepada siswa mengenai cara memahami
konsep diri siswa yang positif secara realistis, sehingga disaat siswa berinteraksi sosial juga
tepat dan realistis. (2) Diharapak lembaga sekolah dapat merancang dengan kreatif suatu
program khusus untuk menjalin hubungan dan kerja sama dengan orang tua siswa terutama
kepada siswa yang memiliki konsep diri yang kurang baik sehingga untuk membantu
mengembangkan daya interaksi sosial yang baik juga.(3) sebagai bahan pustaka untuk
mengadakan pengembangan keilmuan dan penelitian lebih lanjut khususnya tentang hal lain
yang mempengaruhi interaksi sosial siswa.